Skip to main content

Mitos Jambu biji, jus kurma, angkak, guava, dan pocari sweat pada Penderita DB


ini ciri demam berdarah..warning!!(dari pengalaman terakhir beberapa hari yang lalu)diambil dari blog sebelah

Gw baru sembuh dari DBD beberapa hari yang lalu. Gw kena DBD dari awal sampe sembuh memakan waktu kurang lebih 8 hari. Gw bisa gambarin apa yang gw alamin secara detail, supaya kalo elu ada yang mengalami gejala yang sama, lu bisa waspada. Sekarang nyamuk demam berdarah udah canggih, udah ngga ada bintik2 merah lagi. katanya nyamuk itu udah berevolusi akibat fogging, dan pembasmian. mereka udah ngga lagi memberi efek bintik merah, kalopun ada, susah keliatannya. Jadi....hati2. hanya karena ngga ada bintik merah, bukan berarti lu ngga kena demam berdarah.

HARI PERTAMA: Badan panas dan perut mual. Tulang rasanga pegel-pegel (kayak nguli seminggu nonstop) terutama di bagian punggung. Bawaannya ngga enak dan seperti mau mati. Terus-terusan berbaring di tempat tidur, dan setiap bangun rasanya badan mau rontok. Setiap elu mau makan, ada rasa enek yang sangat besar. setiap abis makan beberapa saat kemudian rasanya mau muntah. dan ngga bisa tidur sebelum muntah. Setelah beberapa lama akhirnya muntah juga (karena kalo ngga muntah ga bisa tidur). Setelah muntah, pusing dan pegel badan ilang, keluar keringat dingin dan panas ilang...........CUMAN UNTUK SEMENTARA. setelah beberapa menit, panas mulai lagi, pegel mulai lagi.

HARI KE DUA: Sama seperti hari pertama, cuman sedikit agak lebih parah. Frekuensi muntah lebih banyak, dan rasa enek lebih besar. Kalo hari pertama, lu muntah setelah beberapa lama makan, kalo hari ini lu mau muntah ngga jauh waktunya setelah makan.

HARI KE TIGA: Sama juga, cuma jadi lebih lebih parah. Jadi biasanya kita demam hanya dua hari, dan hari ke tiga turun. Tapi, setelah di hari pertama dan ke dua minum obat panas, disertai minum Bear Brand beberapa kaleng, tetep ngga ngaruh dan panas ngga turun-turun. Di hari ini lah, saran gw lu harus berprasangka kalo lu kena DBD. karena sewajarnya, setelah minum obat dan treatmen demam selama 2 hari, seharusnya di hari ke tiga panas turun. Di hari ini, lu ngga bisa makan sama sekali, hanya bisa minum susu, teh anget dan aer putih. setiap ada makanan yang mau masuk, lu pasti ngerasa mau muntah.

Intinya: dari hari 1 sampe ke 3...lu ngga makan apa-apa, karena apa yang lu makan, semuanya keluar lewat muntah.

HARI KE EMPAT: Di pagi harinya, panaslu menurun drastis. keluar keringet dingin gede gede. dan saat ini lu merasa ngerasa "hidup" kembali--setelah tiga hari lu menderita. Di hari ini, perasaan enek, panas, mual, pengen muntah, dsb, sudah mulai ilang. Lu ngerasa sangat haus dan lapar. makanya di hari ini lu "balas dendam"...makan banyak dan enak. Di hari ini orang biasanya seneng karena dipikirnya udah sembuh. padahal trombositlu jatuh banget. kalo normalnya trombosit darah kita 150-300 ribu, trombositlu di hari ke empat bisa cuman 70 ribu ato bisa kurang. Hari ini trombosit gw 69 ribu.

HARI KE LIMA: panas mulai dateng lagi, badan pegel, dan pala pusing. perut mual dan enek, mau muntah. Cuman bedanya, semua perasaan itu kadarnya udah menurun. Sekarang elu udah bisa makan dan ngga muntah (selama elu bisa memanej perasaanlu). jangan makan terburu-buru, pelan pelan aja, sesuap demi sesuap. kalo buru-buru malah enek dan baka muntah. Mulai hari ke lima, gw udah ngga muntah dan bisa makan. Di hari ini, sesuai saran dokter, gw minum air putih sebanyak-banyaknya. Gw dalam 24 jam minum sampe 3 botol aqua gede. Frekuensi kencing tinggi karena gw minum air banyak. Di hari ini, trombosit gw 74 ribu (naek gara gara gw rajin minum air putih).

HARI KE ENAM: panas udah mulai menurun karena efek parasetamol (kalo ga salah itu nama obatnya). rasa mual dan enek udah mulai ilang. pegel badan juga ngga seberapa. yang kerasa adalah lemes, kurang tenaga, kayak kurang darah gitu. tapi udah ngga ada perasaan muntah. gw minum kurang lebih 3 botol aqua gede. Di hari ini gw juga bisa makan 3 kali sehari. Pas malemnya, trombosit gw turun jadi 70 ribu. Di hari ini emang tren-nya naik turun

HARI KE TUJUH: panas udah mulai ilang, yang ada karena minum parasetamol terus, justru badany jadi keluar keringet dingin. untuk sementara frekuensi minum obat parasetamol diturunin. badan gw jadi lebih enak. ini karena gw minum aer sampe 4-5 botol dalam 24 jam. gw juga minum jus jambu biji, jus kurma, angkak, guava, pocari sweat...pokoknya semua saran orang, mitos, dsb dsb gw turutin...hajar bleh. Di hari ini trombosit gw naek jadi 108. menurut dokter, kalo trombosit udah tembus 100 ribu, kita udah boleh pulang. tapi untuk meyakinkan, tren harus naek. jadi hari ke delapan trombosit gw harus lebih dari 108 ribu. kalo sama, ato kurang, berarti gw belum sembuh.

HARI KE DELAPAN: minum diperbanyak. kencing tiap 5-10 menit sekali. panas udah bener2 ilang. yang tinggal cuman lemes. trombosit gw naek jadi 148 ribu. dan akhirnya boleh pulang.

pasca penyembuhan, badan butuh istirahat yang cukup. dan elu masih belum boleh beraktifitas banyak. minum harus banyak. badan masih lemes, tapi udah ngga demam, dan udah bisa beraktifitas.

Demam berdarah bisa dirawat di rumah, asal, lu banyak minum aer (4 sampe 6 botol aqua gede dalam 24 jam, HARUS!!!) dan di hari ke empat harus banyak makan. semua perasaan males makan, males minum, dan males makan obat harus dilawan. perbanyak vitamin C untuk regenerasi. kata orang minum jus jambu biji, jus kurma, angkak, guava, dan pocari sweat secara rutin bisa menaikan trombosit dan mempercepat penyembuhan. gw ngga tau apa itu bener apa engga. tapi yang jelas di rumah sakit ada 6 orang. dan gw pulang paling duluan. yang laen pada males makan, minum obat ga teratur, dan minum aer sedikit. mereka juga males malesan minum jus jus itu.

jadi, kalo kena DBD, selama itu masih hari ke 4, masih bisa kok. kecuali, setelah hari ke empat lu terkecoh dan ngga melakukan treatmen apapun, dan dibiarin aja/ditungguin aja panasnya turun tanpa minum banyak dan makan rutin serta asupan nutrisi dan gizi yang cukup.....lu bakal mati. kuncinya, DBD itu dilawan dengan banyak minum air putih, gizi yang cukup, istirahat terus di tempat tidur, kencing (ngga apa apa bolak balik). setelah hari ke 7 ato delapan, lu pasti bakal sembuh.

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Gw sempat ngalamin deman, hari ketiga (senin) gw periksa ke dokter trus dokter cuma bilang gini, "Sebenernya kita jg ga tau penyebab demamnya apa, kalopun mau tes darah untuk memastikan tifus atau apa baru bisa dilakukan di hari ke 5. Jadi nanti kalo hari ke 5 (Rabu) masih demam baru kesini lagi aja, nanti kita bawa buat tes darah".

    Itu memang prosedurnya gt ato gimana ya? Jujur Gw sempat kesal sama dokter itu, kebayang kalo gw waktu itu deman berdarah baru tes darah di hari ke 5. Apa kata Dunia?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Denah Rumah Minimalis 2 Lantai Type 130, 145, 175, 210, 220

Berikut ini denah rumah minimalis 2 lantai Type 130, 145, 175, 210, 220 perumahan The Paradise Yogyakarta. mungkin bisa menimbulkan ide bagi teman-tem..




























Bagaimana Membedakan Ayam Serama & Kate

Bagi pemula tentu akan sedikit kesulitan membedakan ayam serama dan kate. Apalagi jika bertemu dengan ayam kate yang juga mini size.



Ciri2 Ayam Serama
Berikut perbedaan dari keduanya.
Tentang Ayam serama:
1. Dipercaya berasal dari kelantan malaisia
2. hasil persilangan dari berbagai jenis ayam
3. Nama serama berasal dari kata Sri Rama dan pada mulanya hewan ini hanya dipelihara dikalangan istana saja.
4. Bisa berumur hingga 15 tahun
5. Berat ideal adalah dibawah 400 gram atau 0,4 kg.
6. Ciri serama yang bagus adalah ekor yang cantik, berdada tegak kepak syap lurus ke bawah.
7. Hewan peliharaan yang jinak, manja dan mengenai pemeliharanya.
8. Mempunyai gelagat yang menarik, seperti berjalan mundur kebelakan.

Meskipun berperawakan kerdil, unggas ini pantang minder. Ia senang bergaya petentang-petenteng dan tak ragu berkokok lantang. Serama diklaim sebagai ras ayam terkecil di dunia. Anggapan bahwa kate adalah jenis ayam terkecil nampaknya sudah kedaluarsa dan tak berlaku lagi. Sekarang…