Bentuk Ideal Dapur Anda

Friday, 7 May 2010

Selain memasak, aktivitas apalagi yang sering Anda lakukan di dapur? Saat ini, banyak orang menyetujui dapur bisa menjadi tempat yang pas untuk berkumpul dengan anggota keluarga bahkan para tamu yang sudah cukup akrab dengan Anda. Itulah sebabnya, sebagian besar rumah tak lagi memisahkan antara dapur bersih dengan dapur kotor. Saat semua kegiatan dari kedua ruangan ini disatukan, Anda tak lagi kehilangan banyak waktu dan tenaga untuk sekedar memasak. Bahkan Anda punya waktu yang cukup untuk makan, minum sambil mengobrol dengan orang-orang terdekat.

Nah, agar dapur menjadi tempat yang nyaman dan fungsional, jangan lupa untuk menomorsatukan tempat memasak, kulkas, dan bak cucian. Ketiganya mutlak ada dalam sebuah kitchen set karena merupakan pendukung utama fungsi dapur sebagai jantung rumah. Untuk peletakannya, Anda bisa memilih salah satu dari beberapa bentuk desain berikut ini:
Bentuk I

Dapur dengan bentuk ini sangat simpel karena area memasak (kompor, oven), kulkas, dan tempat mencuci berada dalam satu garis lurus. Jika rumah Anda cukup mungil danmemiliki sisa lahan di belakang rumah, tatalah dapur dengan menggunakan desain bentuk I. Dijamin, rumah Anda akan tetap memiliki dapur yang nyaman dan fungsional dengan rancangan layout single yang hanya membutuhkan satu lorong / koridor plus satu dinding.











Bentuk L

Banyak orang setuju, bentuk L paling ideal untuk diaplikasikan pada dapur. Alasannya, dapur dengan bentuk ini cocok diterapkan pada ruangan berukuran mungil ataupun besar. Selain itu, Anda bisa bebas bergerak tanpa khawatir menyenggol perabot ataupun peralatan. Biasanya, bentuk dapur seperti ini berhimpitan dengan ruang makan ataupun ruang keluarga sehingga salah satu sisi ruangan terbuka. Anda dapat menempatkan area memasak dan kulkas di seberang bak cucian.






Menyerupai sebuah pulau

Dapur dengan bentuk ini terbuka bagi ruangan-ruangan lain sehingga akses menuju kemanapun dapat dicapai dengan mudah dan cepat. Selain Anda lengkapi dengan tempat memasak, bak cucian, dan kulkas, ruangan ini bisa Anda sulap menjadi meja makan yang praktis. Begitu masakan selesai diolah, Anda sekeluarga bisa langsung menyantap makanan di tempat ini. Kebanyakan dapur yang didesain seperti ini merupakan gambaran penghuni rumah / apartemen yang punya kesibukan tinggi sehingga menuntut kecepatan di pagi hari.





Bentuk U

Anda ingin memaksimalkan semua ruangan yang ada di dapur? Pilihlah bentuk U. Dengan demikian, Anda dapat membuat alur pekerjaan yang kompak dan efisien untuk semua kebutuhan mulai dari memasak, mencuci hingga mengobrol di ruangan ini. Hanya, sebaiknya sesuaikan dengan ruangan karena dapur bentuk U paling pas diaplikasikan pada ruangan berbentuk bujursangkar yang cukup luas. Peletakan bak cucian akan berseberangan dengan area memasak dan kulkas atau kompor dan oven berada di tengah-tengah “koridor” kulkas dan tempat mencuci.



Bentuk Dobel I

Dapur dengan bentuk seperti ini berfungsi untuk dua hal penting sekaligus. Anda bisa menyimpan makanan dan peralatan memasak sekaligus mengolah bahan masakan. Peletakan area memasak, kulkas, tempat mencuci hampir sama dengan dapur berbentuk U. Manfaatkan “koridor” dengan menempatkan tempat mencuci berseberangan dengan area memasak dan kulkas.








Kini, Anda tak perlu bingung lagi memilih desain dapur yang terbaik untuk rumah. Yang penting, pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.





Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme