Raja-Raja Terkaya di Dunia

Wednesday, 10 March 2010

Washington - Raja Thailand Bhumibol Adulyadej dinyatakan sebagai raja terkaya di dunia versi majalah Forbes. Kekayaan Bhumibol ditaksir mencapai US$ 35 miliar.


Raja Bhumibol (80) telah bertakhta selama 62 tahun. Termasuk dalam daftar kekayaan Bhumibol adalah tanah seluas 3.493 hektar di Bangkok.

Posisi kedua ditempati oleh Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan dari Abu Dhabi. Sheikh Khalifa (60), pemimpin Uni Emirat Arab, diperkirakan memiliki kekayaan senilai US$ 23 miliar.

Raja terkaya ketiga di dunia versi Forbes adalah Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz. Total kekayaan raja berusia 84 tahun itu diprediksi mencapai US$ 21 miliar.

Sultan Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei menempati peringkat keempat. Padahal sebelumnya Bolkiah merupakan raja paling kaya di dunia. Pria berusia 62 tahun itu ditaksir memiliki kekayaan senilai US$ 20 miliar.

"Sultan yang mewarisi kekayaan dinasti muslim tak tergoyahkan berumur 600 tahun, harus menngurangi produksi minyak negaranya karena menyusutnya cadangan," tulis Forbes menjelaskan turunnya jumlah kekayaan Bolkiah seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (22/8/2008).

Posisi kelima terkaya adalah Sheikh Mohammed bin Rashid dari Dubai. Pria berusia 58 tahun itu ditaksir memiliki kekayaan senilai US$ 18 miliar.

Pangeran Hans-Adam II (63) dari Liechtenstein menempati urutan keenam dengan nilai kekayaan sekitar US$ 5 miliar. Kemudian Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani dari Qatar menduduki posisi ketujuh. Pria berumur 56 tahun itu ditaksir memiliki kekayaan US$ 2 miliar.

Raja Mohammed VI dari Maroko (56) berada di peringkat kedelapan dengan total kekayaan sekitar US$ 1,5 miliar. Posisi sembilan adalah Pangeran Albert II (50) dari Monako dengan kekayaan senilai US$ 1,4 miliar. Sultan Qaboos bin Said (67) dari Oman berada di posisi kesepuluh dengan nilai kekayaan sekitar US$ 1,1 miliar.

Adapun Ratu Inggris Elizabeth II (82) menempati peringkat ke-12 dengan nilai kekayaan sekitar US$ 650 juta. Ratu Belanda Beatrix Wilhelmina Armgard (70) berada di posisi ke-14 dengan nilai kekayaan US$ 300 juta. (ita/qom)

source: www.detik.com


Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme